jump to navigation

Download Video dari Youtube.com Melalui Temporary Files October 11, 2008

Posted by SmilewiththeLife in Tutorial.
Tags: , , , ,
trackback

Youtube.com merupakan salah satu penyedia layanan video terbesar di dunia, dimana seluruh User yang telah menjadi member dapat melakukan upload dan juga sharing video. Video yang ditampilkan memiliki format .flv [Flash] dan video tersebut hanya dapat dilihat melalui media browser. Dengan kata lain, Youtube tidak menyediakan fitur download bagi User.

Pada saat ini banyak media yang dapat digunakan agar user dapat mendownload video melalui Youtube. Seperti software, atau melalui website yang dikhususkan untuk dapat mendownload langsung video dari Youtube dengan cara melakukan paste link video pada website tersebut.

Pada dasarnya, saat kita melihat video dari Youtube, browser yang kita gunakan mulai memanggil aplikasi untuk menjalankan streaming dan mengakses server sehingga terjadilah buffering. Melalui buffering, bagian-bagian dari file media streaming tersimpan ke tempat penyimpanan lokal yang bersifat sementara dan akan terhapus jika kita menutup browser yang digunakan.

Untuk itu, saya akan menjelaskan cara melakukan download video dari Youtube melalui files yang telah tersimpan di dalam folder temp agar dapat dicopy ke folder lain sehingga file tersebut tidak terhapus saat browser ditutup.

1. Lakukan buffering. Lakukan buffering sampai selesai pada video yang akan di download.

2. Lakukan Search folder temp. Umumnya, file tersebut berada di [C:\Documents and Settings\LOGIN_ACCOUNT\Local Settings]. Kemudian pada folder temp klik kanan dan pilih search.

3. Lakukan Search File pada folder temporary files. Pada kolom “All or part of the file name:” isi dengan keyword “fla” kemudian pada “More advanced options” centang ketiga kotak tersebut [Lihat screen shoot] dan klik “Search”.

4. Copy file kedalam folder yang berbeda. File yang ditemukan memiliki format .tmp dan file tersebut merupkan file dari video yang sedang kita lihat melalui browser. Umumnya file tersebut tidak dapat di-copy atau rename. Untuk itu kita dapat menggunakan software Unlocker yang telah saya upload disini. Setelah meng-install Unlocker, klik kanan file.tmp yang akan di copy ke folder lain dan pilih unlocker. kemudian pada Unlocker pilih copy.

5. Ubah nama file. Rubah ekstensi file yang telah dicopy kedalam folder baru tersebut dengak format .flv

Setelah melakukan cara-cara diatas, anda sudah dapat menjalankan video yang telah dicopy tersebut secara offline.

[SmilewiththeLife]

Comments»

1. hack - May 18, 2011

tutornya keren bro cumna masih ada miss sedikit di bagian temporary terkadang admin jaringan sedah memblokir drive c nya,, pnjelasannya dadi berbeda ketika drivenya di blokir.. hehehehe cuman bagi bagi ilmu dikit doank koq..

2. sponbog - May 18, 2011

copy paste di temporarynya terlanjur singkat bro harusnya ada penjelasan dari mumbuka drive c apabila drivenya di proteksi oleh adamin jaringan… tapi treadnya menarik koq ..!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: