jump to navigation

Kisi-Kisi UTP Grafik Komputer 2008 November 12, 2008

Posted by SmilewiththeLife in Life.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Semua kisi-kisi yang gw dapat ini gw rangkum dari berbagai sumber yang ada [Forum, Website BM, Yahoo Messenger, de el el]. Gw minta maap kalau sebagian dari tulisan ini terdapat credits yang ga gw masukin [Itu bisa jadi karena gw ngak tau siapa yang upload/nulisnya], tapi sebisa mungkin gw sertain koQ. Intinya gw nulis ini cuman mau share untuk teman-teman semua. Bagi teman-teman yang sedang baca artikel ini dan punya kisi-kisi yg menyangkut “UTP Grafik Komputer 2008” dan belum gw sertain/belum ada di artikel ini, gw berharap bgt teman-teman bisa YM gw di venom_just_4_u biar nantinya apa yg udah dikasih ke gw bisa gw update lagi di artikel ini sehingga kita bisa saling share dgn yg lain. Tolong gw harap kita bisa saling bantu-membantu, jgn cuman jadi leecher, and jgn cuman copy paste terus disimpen sendiri, tolong partispasinya setidaknya sebarin lagi sama yang lain. Thank you!…

 

===================================================================

Credits : SmilewiththeLife

Berikut slide & document yang gw dapat dari Pak Diaz [Dosen kelas gw], semoga membantu :

Ex-Line Clipping.doc  »»  Hanya Soal

Quiz 1 & Quiz 2 T0074.ppt  »»  Soal beserta jawaban

Ex-2DTransformation.ppt  »»  Soal beserta jawaban

===================================================================

Credits : yehezkiel

Kritria Soal :
20 Soal Pilihan Ganda & 3 Soal Essay
Essay :
– program open gl –> bs gbr garis/kotak
– clipping –> cohen & cyrus beck
– transformasi 2d (rotasi,translasi,scalling,dll)

===================================================================

Credits : Arciel

Penggalan coding OpenGL:

membuat kotak
print2d_t kotak [4] = {{400,-300},{400,-300},{400,300},{400,300}};

warna
color_t col[4] = {{1,1,1},{1,1,1},{0,0,1},{0,0,1}};

gradate
gradatePolygon(kotak,col,4);

buat garis
drawline(xp,yp,xp+dx,yp);
setcolor(1,1,1); ->putih

print2d_t bintang[100];
bintang[i].x=and()%400;
bintang[i].y=and()%300;
drawdot(bintang[i].x,bintang[i].y)

===================================================================

Credits : WarriorZ

Contoh Soal Grafkom:

1. http://www.kitaupload.com/download.php?file=206LATIHAN SOAL.doc
2. http://www.kitaupload.com/download.php?file=656LATIHAN SOAL.rtf
3. http://www.kitaupload.com/download.php?file=170LATIHAN SOAL-II.rtf
4. http://www.kitaupload.com/download.php?file=995LATIHAN SOAL-III.rtf
5. http://www.kitaupload.com/download.php?file=618SOAL CLIPPING.rtf
6. http://www.kitaupload.com/download.php?file=687SOAL TRANSFORMASI 3D.rtf
7. http://www.kitaupload.com/download.php?file=73SOAL VIEWING 2D.rtf
8. http://www.kitaupload.com/download.php?file=633SOAL-TRANSFORMASI-2D.rtf

note : Sebagaian Link di atas ada yang broken. Jadi semua file diatas gw upload lagi di sini : UTS Grafkom VeNoM -182- [Rubah Ekstensi hasil download dari .DOC ke .RAR]

===================================================================

Credits : Unknown

Mata Kuliah : Grafika Komputer (UTS)
Sifat Ujian : tertutup
Waktu : 100 menit
Dosen : team

PILIHAN GANDA

1. 3D graphics PIPELINE pada computer graphics adalah :
a. modeling, shading, viewing, rasterisasi, visibility
b. modeling, iluminasi, orthographics, rasterisasi, display ke layar
c. modeling, shading, perspective, scan conversion, visibility
d. modeling, illumination, viewing, clipping, projeksi ke layer, rasterisasi, display ke layer

2. Biasanya graphics didefinisikan dengan adanya :
a. text, titik, polygon
b. titik, garis, polygon terbuka
c. sisi, polygon, face, vertex 3D, titik, garis
d. garis, titik, polygon tertutup

3. Struktur Program opengl adalah :
a. initialisasi, modul callback function, main program
b. configurasi& open window, inisialisasi opengl state, register input callback function, inisialisasi color, point size, establish coordinate system glutMainLoop()
c. include library, callback function, main program
d. include library, isi program dan penutup program

4. Untuk mengalikan matrix diperlukan instruksi opengl misalnya dengan :
a. glMatrixMode,glLoadIdentity dan gluLookAt atau glRotate dll
b. LoadIdentity, glRotate
c. LoadIdentity, glTranslate, glScale
d. LoadIdentity, glScale, glTranslate

5. Metoda Scan Conversion(rasterization) bisa diperuntukkan untuk :
a. garis, lingkaran, ellipse
b. garis, ellipse, polygon, lingkaran
c. garis, ellipse, polygon, lingkaran, manipulasi pixel
d. garis, ellipse, polygon

6. Metoda pengisian ellipse dan polygon adalah :
a. Bresenham’s algoritm
b. Flood fill algoritm dan algoritm polygon scan conversion
c. Flood fill algoritm
d. Polygon scan conversion

7. Clipping garis dan polygon bisa dengan algoritma :
a. cochen-Sutherland/hodgman, cyrus-Beck, liang Barsky, weiler-atherton
b. cochen sutherland, cyrus beck, liang barsky
c. liang barsky, sutherland-hodgman, weiler-Atherton
d. cyrus beck, liang barsky, weiler atherton

8. Matrix transformasi 2D
1 0 tx       dan      Sx 0  0
0 1 ty                   0  Sy 0
0 0 1                    0  0  1

a. scaling, shearing
b. translasi, scaling
c. rotasi, translasi
d. shearing, rotasi

9. Matrix Transformasi 2D
cosα   -sinα    0        dan      1 h 0
sinα    cosα     0                   0 1 0
  0         0       1                    0 0 1

a. shearing, rotasi
b. rotasi, scaling
c. scaling,translasi
d. translasi, shearing

10. Matrix Transformasi Komposisi 2D

1 0 tx             cosα  -sinα   0                Sx 0 0                1 0 -tx
0 1 ty     X      sinα   cosα    0       X       0 Sy 0       X       0 1 -ty
0 0 1                0       0      1                 0 0 1                 0 0  1

Adalah :

a. translasi, rotasi, scaling, translasi awal
b. translasi, shearing, scaling, rotasi
c. translasi, rotasi, translasi awal, scaling
d. translasi, scaling, shearing, translasi awal

ESSAY

1. Jelaskan/terangkan algoritma DDA(garis) dan algoritma Bresenham untuk garis !
Dan bagaimana menurut saudara, mana yang lebih baik dari kedua algoritma tersebut ??
Dan berikan contohnya , bahwa ada algoritma yang lebih cepat prosesnya !!

2. Gambarkan segitiga P1(2,2) P2(4,2) P3(3,5) yang berada diluar pusat sumbu setelah di translasi, rotasi 900, scaling X&Y 2x dan translasi balik ke posisi Awal!! Tentukan sendiri coordinate cartesiannya!!

note : Ini soal belum ada jawabannya, bagi yang udah kerjain/punya tolong kasih tau gw biar di-update jawabannya. Atau post di Comments».

===================================================================

 

Semua kisi-kisi yang gw dapat ini gw rangkum dari berbagai sumber yang ada [Forum, Website BM, Yahoo Messenger, de el el]. Gw minta maap kalau sebagian dari tulisan ini terdapat credits yang ga gw masukin [Itu bisa jadi karena gw ngak tau siapa yang upload/nulisnya], tapi sebisa mungkin gw sertain koQ. Intinya gw nulis ini cuman mau share untuk teman-teman semua. Bagi teman-teman yang sedang baca artikel ini dan punya kisi-kisi yg menyangkut “UTP Grafik Komputer 2008” dan belum gw sertain/belum ada di artikel ini, gw berharap bgt teman-teman bisa YM gw di venom_just_4_u biar nantinya apa yg udah dikasih ke gw bisa gw update lagi di artikel ini sehingga kita bisa saling share dgn yg lain. Tolong gw harap kita bisa saling bantu-membantu, jgn cuman jadi leecher, and jgn cuman copy paste terus disimpen sendiri, tolong partispasinya setidaknya sebarin lagi sama yang lain. Thank you!…

 

[SmilewiththeLife]

Comments»

1. ARiA-D - November 13, 2008

=)) mantab😀 ampun kk ^:)^

2. SmilewiththeLife - November 14, 2008

Jawaban PG Grafkom:

1.D
2.A
3.B
4.A
5.B
6.B
7.C
8.B
9.A
10.A


Leave a Reply

